Cara mengetahui Kesehatan Kondisi Keuangan Anda

Cara mengetahui Kesehatan Kondisi Keuangan


Setiap orang bermimpi memiliki investasi dalam jangka panjang atau menengah. Mengapa demikian? Sudah menjadi naluri setiap orang untuk terus berkembang baik secara fisik, kecerdasan hingga kekayaan. Namun untuk mengukur kemampuan berinvestasi dari sisi finansial perlu anda perhatikan agar kondisi keuangan anda stabil dan sehat. Setidaknya anda tidak kewalahan dengan kondisi keuangan anda. Berikut dibawah ini beberapa aspek yang menandakan kondisi keuangan anda sehat atau tidak.

1. Cicilan KPR/KPA

Untuk hal yang satu ini, indikatornya sangatlah sederhana. Jika anda sedang memiliki cicilan perumahan / apartemen, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk mencicil setiap bulannya tidak boleh melebihi 25% dari total pendapatan yang anda terima setiap  bulannya jika anda tidak ingin kondisi keuangan anda kacau. Solusi untuk kondisi ini adalah anda perlu mencari alternatif tambahan pemasukkan untuk memenuhi standar 25% tadi diatas.

2 Hutang Kartu Kredit

Usahakan anda membayar tagihan kartu kredit yang sudah jatuh tempo secara full, banyak yang memilih untuk membayar cicilan minimal, hal ini dapat berimbas buruk terhadap kondisi keuangan anda dalam jangka waktu panjang. Usahakan hutang kartu kredit yang sudah jatuh tempo tidak melebii 10% dari total pendapatan bulanan anda.

3. Dana Darurat

Anda tentunya setuju dengan yang satu ini dimana setiap orang pastinya akan mengalami keadaan darurat yang memerlukan dana secepatnya. Sebaiknya pisahkan simpanan dana darurat anda dari dana yang lainnya. Pada umumnya, dana darurat itu berkisar 3 kali lipat dari pengeluaran bulanan anda. Misalnya, anda sebulan menghabiskan uang untuk konsumtif 5 juta, maka di luar komitmen menabung anda harus mempunyai setidaknya 15 juta dana darurat, itu pun jumlah anggota keluarga berpengaruh terhadap berapa jumlah dana darurat yang harus anda persiapkan.

4. Proteksi (Asuransi)

Hal ini merupakan bagian dari manajemen resiko yang harus anda ambil sebagain jaminan bilamana ditengah jalan ada hambatan menimpa anda atau keluarga. Dengan menggunakan asuransi, anda akan lebih berani untuk berinvestasi pada hal lain.

5. Dana Pensiun

Banyak yang tidak menyadari arti dari dana pensiun ini. Seiring berjalannya waktu usia anda akan semakin tua, dan akan berimbas juga pada menurunnya tingkat produktifitas anda. Dari sinilah and perlu mempersiapkan dana pensiun untuk anda nikmati ketika masa tua nanti. Sebaiknya jika usia anda sudah mulai 30 tahun, saya sarankan anda untuk memulai menabung untuk masa pensiun anda jiak anda berencana untuk pensiun pada usia 55 tahun.

6. Aset

Berpa banyak aset yang anda miliki? Ini adalah hal penting yang mejadikan anda semakin disiplin dalam berinvestasi. Ada orang bijak pernah berkata bahwa berinvestasi jangan hanya pada satu portofolio saja. Semisal anda memiliki dana 100 juta,, maka tempatkan 25 juta pada deposito berjangka, dan yang lainnya pada reksa dana dan yang lain.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda memiliki ke enam poin diatas? jika belum maka anda perlu mempertanyakan tentang kondisi keuangan anda dan anda kemanakan saja uang anda.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments