ARTCOIN : Platform Terdesentralisasi untuk Industri Seni Masa Depan

[ARTCOIN] - Teknologi blockchain beserta cryptocurrency yang berdiri di atasnya terus mengalami kemajuan dan adopsi dari masyarakat di seluruh penjuru dunia baik secara individu maupun perusahaan. Hal ini menandakan bahwasanya blockchain merupakan teknologi masa depan yang akan membawa kehidupan kita menjadi semakin canggih, mudah, cepat, aman dan dengan biaya yang murah. Sifatnya yang terdesentralisasi, transparan, aman, cepat, dan murah membuat tenologi ini disukai banyak kalangan. Sejak kemunculannya di tahun 2009 hinggga saat ini, teknologi ini belum pernah mengalami sesuatu yang buruk seperti ditembus oleh hacker. Oleh karena itu teknologi ini mendapatkan pengakuan dari berbagai kalangan termasuk dari lapisan pemerintah di berbagai negara.


Sudah banyak perusahaan baik yang  baru maupun yang sudah berjalan yang megadopsi teknologi blockchain sebagai salah satu teknologi yang masuk dalam sistem operasi mereka. Termasuk sebuah persahaan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Mereka bernama ARTCOIN. Seperti apa dan bagaimana mereka? Apa yang mereka tawarkan? Mari kita bahas di bawah ini.

ARTCOIN menawarkan sebuah platform terdesentralisasi dengan membangun solusi ARTCHAIN. Platform mereka melayani jual beli karya seni sekaligus memberikan solusi digital untuk berbagai macam permasalahan yang biasa muncul pada industri ini seperti otentikasi gambar dan dokumentasi karya seni sebagai bukti keaslian sebuah karya. Mengapa demikian, karena sudah bayak sekali kasus penipuan dengan penjualan karya seni tiruan yang bisa dikatakan mirip dan sulit untuk dibedakan dengan aslinya. Sedangkan industri ini bernilai miliaran dolar yang tentunya sangat menggiurkan dan berbahaya jika tidak diantisipasi yang akhirnya merugikan para seniman yang sudah bekerja keras untuk menghasilkan sebuah karya seni.

Untuk dapat melakukan verifikasi keaslian sebuah karya seni memerlukan estimasi waktu dan biaya yang tidak sedikit, itulah sebabnya untuk bisa mendapatkan atau membeli sebuah karya seni anda harus mengeluarkan biaya yang banyak hanya untuk memverifikasi keaslian karya tersebut dan itu diluar harga dari karya seni yang akan anda beli. Hal ini tentu meresahkan da membuat pasar seni menjadi jenuh karena biaya yang terlalu mahal. Disinilah ARTCOIN masuk memberikan solusi untuk biaya verifikasi yang murah dan beberapa hal lainnya.



Tentunya dengan platform ARTCHAIN ini anda yang biasanya memerlukan informasi mengenai perkembangan pasar seni dan berbagai informasi di dalamnya termasuk keaslian dan karya apa saja yang muncul di pasar dapat anda lihat dengan hanya menggunakan komputer atau ponsel pintar anda dimanapun tanpa harus mengunjungi pasar terlebih dahulu.  Selain itu dengan blockchain ini selain semua informasi yang anda perlukan terkumpul menjadi satu, solusi akan transparansi dan verifikasi keaslian baik itu dari sisi gambar maupun dokumen akan dengan mudah anda lakukan dengan biaya yang murah. Inilah keuntungan dan kelebihan menggunakan teknologi blockchain.  Berikut di bawah ini beberapa hal yang bersangkutan dengan industri seni yang belum ada solusi digital yang efektif dan akan diberikan solusi oleh ARTCOIN.

  • Otentikasi Gambar : Tidak perlu penjelasan yang banyak mengenai ini, yang intinya selama ini belum ada teknologi canggih yang mampu membantu verifikasi otentikasi gambar, dan ARTCOIN mempersiapkan untuk hal tersebut.
  • Dokumetasi : catatan profil dan sejarah dari sebuah karya seni sering kali tidak lengkap dan tidak disimpan secara baik hingga akhirnya sering kali hilang dan membuat verifikasi keaslian semakin sulit.
  • Pelaporan Kondisi : Hal ini penting anda ketahui sebelum anda akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah karya seni termasuk laporan kondisi saat perjalanan juga asuransi bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk ketika ada peminjaman untuk keperluan pameran dan lain-ain.
  • Restorasi : Belum ada standar perekaman dan penyimpanan yang baik untuk semua data yang diperlukan mengenai sebuah karya seni seperti laporan sejarah, asal, dan kondisi.
  • Logistik dan Transportasi : Biasa transportasi belum ada asuransinya karena sebuah fakta yang menyebutkan belun adanya solusi track & trace.
  • Hak Kekayaan Intelektual : Seniman tidak mendapatkan royalti ketika karya mereka dijual kembali oleh pembei sebelumnya, lagi - lagi karena kurangnya transparansi dan informasi mengenai hal ini.
  • Manajemen Koleksi : Tidak ada solusi digital yang efektif mengenai hal ini. Belum ada pendataa yang akurat serta koordinasi dari para pemilik karya seni sehingga manajemen koleksi ini belum terpenuhi.


Semua permasalahan di atas akan teratasi dengan satu platform ARTCHAIN. Tentu hal ini akan melegakan dan memajukan industri seni yang selama ini masih menggunakan metode tradisional serta kurang memberikan penghargaan kepada para seniman meskipun ini adalah industri miliaran dolar.Untuk solusi yang diberikan oleh pihak ARTCOIN dapat anda temukan di whitepaper mereka. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES



Author by
cyberdg
0x225478Ce2388caCD4DB039c0DC6c61AB2E066F89

Post a Comment

0 Comments